8 Tips Agar Dapat Memahami Bahasa Program

8 Tips Agar Dapat Memahami Bahasa Program - Hallo sahabat 1 Mobile Legend, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 8 Tips Agar Dapat Memahami Bahasa Program, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips dan Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 8 Tips Agar Dapat Memahami Bahasa Program
link : 8 Tips Agar Dapat Memahami Bahasa Program

Baca juga


8 Tips Agar Dapat Memahami Bahasa Program


Dizaman ini sudah semakin banyak orang yang menyukai/meminati bahasa program.Kenapa?, Karena jika telah menguasai bahasa program kita dapat melalukan hal-hal yang menarik termasuk: membuat aplikasi ataupun game.Dizaman sekarang, jika kita ingin mempelajari bahasa program, kita tidak harus berada/belajar disekolah programmer yang ada, karena sekarang telah ada aplikasi yang dapat mengajarkan kita dasar-dasar bahkan hal tersulit dari bahasa program.Aplikasi tersebut yang telah dikenal banyak orang adalah AIDE dan Android Studio.Jika anda ingin belajar bahasa program di android anda dapat menggunakan aplikasi AIDE(anda boleh mendownloadnya di GooglePlayStore (berbayar) atau cari di mesin pencari dengan kata kunci "download aplikasi AIDE mod full version gratis"). dan jika anda ingin mempelajari bahasa program melalui pc(computer atau labtop) anda dapat menggunakan aplikasi Android Studio.Bahasa program memiliki hubungan yang erat dengan bahasa inggris, jadi bagi anda yang sudah memilki keterampilan dalam berbahasa inggris mungkin peluang anda dalam mempelajari bahasa program bertambah, namun bagi anda juga yang tidak memiliki keterampilan dalam berbahasa inggris jangan langsung menyerah karena segala sesuatunya itu berasal dari usaha, jadi berusahalah semaksimal mungkin.

Sekian saja sedikit ulasan tentang bahasa program.
Sesuai dengan judul artikel ini, saya akan membagikan tips-tips agar dapat memahami bahasa program.Oke langsung saja.


  1. Memiliki Kemauan dan keinginan.
  2. Memang segala sesuatu itu dimulai dari kemauan dan keinginan, bahkan jika anda melakukan hal yang tidak anda sukai, itu semua karena anda telah memberikan kemauan kepada hal tersebut.Begitu juga dengan hal mempelajari bahasa program, anda harus memberikan kemauan dan keinginan terhadap bahasa program.Memiliki kemauan dan keinginan disini berarti anda harus memberikan hati dan pikiran anda sepenuhnya pada saat mempelajari bahasa program atau dalam kata lain anda harus berkonsentrasi penuh dan memberikan kesungguhan dalam mempelajari bahasa program.

  3. Mengerti tujuan dari bahasa program.
  4. Banyak orang mempunyai tujuan yang lain dari tujuan bahasa program yang sebenarnya.Misalnya begini: "Jika saya mempelajari atau menguasai bahasa program, saya dapat pamer kepada teman-teman saya", atau "jika saya mempelajari atau menguasai bahasa program saya dapat melakukan tindakan kriminal yang menguntungkan seperti: meretas suatu perusahaan ataupun meretas situs-situs yang telah mendunia dan memiliki banyak penghasilan". Anda harus menjauhkan pemikiran yang seperti itu dari diri anda, jika memang anda ingin benar-benar menguasai bahasa program.Sebaliknya anda harus memiliki pemikiran yang seperti ini dari tujuan bahasa program: "Jika saya menguasai bahasa program saya akan menggunakannya untuk melakukan tindakan yang dapat membantu orang lain seperti: membuat aplikasi yang dapat membantu orang lain".Jika anda memiliki pemikiran seperti itu, maka hal yang akan muncul di pikiran anda pada saat mempelajari bahasa program adalah hal-hal yang baik.

  5. Mempelajari secara satu persatu.
  6. Sama seperti melakukan kegiatan lain, kegiatan yang dilakukan secara satu persatu atau berurutan pasti hasilnya lebih baik daripada dikakukan sekaligus kegiatan tersebut.Dalam mempelajari bahasa program juga harus begitu, karena dalam mempelajari bahasa program itu sama saja dengan mempelajari bahasa baru yang belum pernah kita dengar.Dan juga jika anda mempelajarinya secara bersama-sama/sekaligus otak anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam mencari konsep dari bahasa program tersebut, sehingga ini dapat mengurangi keinginan anda dalam mempelajari bahasa program.

  7. Menghapal script-script yang penting dan juga tag/penanda bahasa program tersebut.
  8. Didalam setiap bahasa program pasti ada tag/penada.Karena tag/penanda tersebut berguna untuk membatasi tindakan suatu script yang dijalankan (baik itu script button, script TextView, dan lain-lain).Penanda dalam bahasa program tidak lah sulit untuk dihapal.Misalnya bahasa program xml, tag/penanda dalam xml biasanya seperti ini : tag/penanda pembuka  "<namascript>", tag/penanda isi "<namascript />", tag/penanda penutup "</namascript>".Agar lebih jelas lagi tentang tag/penanda xml kunjungi Disini.Begitu juga dengan bahasa program yang lain, pasti memiliki tag/penanda yang berbeda maupun sama. 

  9. Jangan pernah merasa tidak mampu.
  10. Saat saya mempelajari bahasa program, saya seringkali berfikir bahwa saya tidak mampu dan tidak sanggup untuk mempelajari bahasa program tersebut setelah saya menemukan hal yang tidak dapat saya mengerti, saya bahkan tidak belajar lagi bahasa program selama 2 bulan setelah saat itu.Kemudian teman saya yang dulunya tidak tahu apa-apa tentang bahasa program memperlihatkan kepada saya apa yang telah dia ketahui kini, saat itu juga saya berfikir bahwa saya tidak boleh kalah dari dia, kemudian saya pun memutuskan untuk belajar bahasa program kembali.Nah, inti dari penjelasan ini adalah jangan pernah menyerah, karena hal yang anda pelajari tersebut merupakan hal yang istimewa dan tidak semua orang didunia ini mengetahui hal yang anda pelajari tersebut.

  11. Bertanya  kepada seseorang yang telah mengetahui suatu bahasa program.
  12. Jika dipont atau tips ke 5 tadi berbicara tentang tidak menyerah, maka di tips ini berbica tentang pendorong dari tips ke 5 tersebut.Jika memang ada hal yang anda dapatkan sangat sulit untuk dimengerti atau dipahami, maka bertanyalah kepada seseorang atau teman anda yang telah menguasai atau mengetahui suatu bahasa program.Sama seperti saat disekolah, jika kita tidak mengetahui pelajaran yang telah disampaikan oleh guru, kita akan menanyakan hal itu kepada guru tersebut. 

  13. Membantu teman atau seseorang yang sedang belajar bahasa program juga.
  14. Saya pernah mendengar ucapan yang seperti ini: "Jika kita membagikan ilmu yang kita ketahui kepada orang lain, maka ilmu tersebut tidak akan berkurang dari kita melainkan akan bertambah.".Menurut saya ucapan tersebut adalah benar, karena saat kita memberikan/membantu orang lain yang kesulitan tentang hal yang kita ketahui, maka hal yang kita ketahui tersebubt akan semakin kita ketahui lagi dan akan bertambah ingatan kita terhadap hal yang kita ketahui tersebut.Sekarang telah banyak grup-grup yang membahas tentang bahasa program, dan terdapat banyak orang yang bertanya tentang apa yang mereka tidak mengerti di grup tersebut.Jadi jika ada seseorang yang kesulitan dalam belajar bahasa program, bantulah dia sesuai dengan yang anda ketahui meskipun anda juga hanya mengetahui sedikit.

  15. Kebiasaan.
  16. Point ini merupakan point yang paling penting.Sama seperti kata pepatah "Alah Bisa Karena Biasa".Maksud dari pepatah tersebut adalah: jika suatu kegiatan telah biasa kita lakukan, maka tidak akan terasa lagi kesukaran dan kesulitannya.Mungkin hal ini mencakup tentang harus belajar bahasa program setiap hari, hal itu memang harus, apalagi terhadap seseorang yang baru mempelajari bahasa program.Saya sendiri telah mempelajari bahasa program selama 1 tahun hingga saat ini(bulan juni 2016 sampai bulan juni 2017) dan saya hanya dapat mempelajari 2 bahasa program saja yaitu: bahasa program xml(khususnya xml android, dapat saya katakan telah mengetahuinya) dan bahasa program java(saya masih mengetahuinya sedikit saja).Jadi biasakan belajar bahasa program secara rutin.

Nah, itulah 8 tips agar dapat memahami bahasa program.


Trima Kasih Telah Membaca Artikel ini, Baca Juga Artikel Lainnya Dari Blog ini.



Demikianlah Artikel 8 Tips Agar Dapat Memahami Bahasa Program

Sekianlah artikel 8 Tips Agar Dapat Memahami Bahasa Program kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 8 Tips Agar Dapat Memahami Bahasa Program dengan alamat link https://1mobilelegend.blogspot.com/2017/06/8-tips-agar-dapat-memahami-bahasa.html